Prive Uricran Buat Kita Bebas Sehat Untuk Semua

by - Rabu, Juli 10, 2019

Siapa sih yang nggak suka sehat? Kalau saya bilang sih sehat itu salah satu modal utama. Bagaimana tidak kalau jiwa dan raga terjaga kita jadi bisa maksimal bermanfaat buat lingkungan sekitar. Mau lakukan ini dan itu nggak ada halangan.

Tapi sayangnya nih, karena lalai, malas, abai dan sederet kata yang maknanya serupa kesehatan kita jadi terganggu. Salah satunya gara-gara kebiasaan "nahan". Padahal duh ya mana tahan kalau sudah kena sakitnya? Mau dihempaskan juga sudah terlanjur terasa perihnya.

Aku pernah mengalaminya dan asli itu nggak enak banget.  Ingatannya masih membekas huhu.... Ya, karena terlalu sering bilang "nanti ah sekalian..tanggung..".

Waktu periksa, pak Dokter malah kasih alih-alih nasihat justru ledekan. Sambil bergurau beliau sih, mungkin gemes kali ya sudah terlalu banyak pasien yang ndableg..Hehehe

Dulu nggak cukup cari informasi tentang kenapa aku bisa kena penyakit tersebut. Sudah dari dokter, minum obat dan sembuh, lalu berdoa si sakit nggak balik lagi. Titik.

Nah, alhamdulillaah beberapa waktu lalu dapat kesempatan jajan ilmu tentang penyakitku waktu itu. Berawal dari pengumuman mbak Ika Puspita digrup Komunitas  Blogger Gandjelrel untuk datang di acara yang digagas Combiphar yaitu "Uricran Womens Community dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih", bertempat di Hotel Noormans. Aku pikir sambil silaturahim offline dengan teman-teman blogger pasti juga ada banyak teman baru dari komunitas perempuan lainnya. Salah satu harta adalah kekayaan lingkaran pertemanan, bukan?

Memberanikan diri menyusuri rute yang cukup jauh dan kurang familiar aku lewati adalah tantangan tersendiri. Balada punya rumah di ujung Semarang (baca : Semarang coret), ya disyukuri saja. Setelah mengantongi ijin suami tentunya, berangkat pagi itu.

Sesampainya dilokasi, absensi dan saling sapa dengan teman-teman. Setelah mendapatkan tempat duduk yang tersisa, eh liat spot photo booth. Emak millenial mana yang tahan kalau nggak foto dulu. Puas berswafoto langsung ambil kudapan yang sudah disediakan panitia. Tak lama acara pun dimulai.

Bu Dyah Parikoening, selalu Head of Brand Aviaton Combiphar yang memberikan sambutan pertama sekaligus membuka acara pagi hari itu. Beliau menyampaikan perihal acara yang akan berlangsung dan juga sisipan informasi bahwa akan ada digital content competion. Merupakan kompetisi yang bisa diikuti oleh rekan-rekan blogger ataupun content creator lainnya.




Setelah beliau, dilanjutkan narasumber lainnya yaitu ibu Michele Talitha dan dr. Olivia Franciska Laksmana, S.pOG yang keduanya masih muda dan enerjik. Pada paparannya Bu Michele mengatakan bahwa wanita seringkali lupa untuk teratur minum air putih dalam aktifitas kesehariannya. Sepele sih tapi ini dampak negatifnya besar buat tubuh salah satunya jika kekurangan cairan dalam tubuh, kita akan anyang-anyangan. Selain karena kurang minum, kebiasaan yang tadi sudah aku sampaikan juga jadi salah satu sebabnya.


Apa itu anyang-anyangan?

Pasti sudah sering dengar kan ya? Atau juga jadi salah satu pelaku yang kalau lagi anyang-anyangan terus ikut ikat jempol kakinya? Ayoo, ngaku?!! Termasuk aku sih ini he-he-he
Anyang-anyangan itu istilah awam dari Infeksi Saluran Kemih atau sering disingkat ISK. Infeksi ini adalah salah satu infeksi paling umum menjangkiti manusia. Terjadi pada saluran kemih, infeksi ini terjadi karena mikroba. Sebagian besar dari kasus ISK disebabkan oleh bakteri, walaupun dapay juga disebabkan oleh jamur, dan pada kasus tertentu disebabkan oleh virus.
Kasus penderitanya adalah 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK, 2 diantaranya mengalami pengulangan. Wanita adalah paling rentan terkena infeksi ini termasuk wanita hamil dan menopause, selain itu anak-anak dan pria juga bisa terkena anyang-anyangan meskipun kasusnya tidak banyak.



Alasan Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena ISK

1. Secara anatomis saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus, dibandingkan pria
2. Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil dan air bisa menjadi "rumah" buat bakteri.
3. Lebih sering menahan buang air kecil karena wanita perlu pergi ke toilet untuk BAK.
4. Resiko terekspos bakteri lebih tinggi apalagi jika menggunakan toilet duduk dan ditempat umum.





Ciri-Ciri Gejala Terkena ISK

1. Ingin buang air kecil terus menerus
2. Buang air kecil terasa sakit/nyeri
3. Buang air kecil tidak lancar
4. Beberapa kasus BAK berdarah
5. Urin berwarna keruh atau gelap
6. Bau urin tidak sedap



Apa Penyebab ISK?

80% kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Bakteri E-coli adalah bakteri yang hidup disaluran pencernaan manusia. Bakteri ini dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses, hingga bisa secara tak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih. Jika dibiarkan maka dapa menyebabkan ISK.




Beberapa Penyebab Mengapa Bakteri Bisa Masuk :

1. Toilet kurang bersih
2. Hubungan seksual
3. Air kotor
4. Menahan buang air kecil
5. Cara yang salah saat membasuh organ intim


Meski demikian, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar terhindar dari ISK, yaitu :
* Membersihkan area kewanitaan secara benar, yakni dari depan ke belakang. Jangan sebaliknya.
* Memeriksakan kehamilan secara rutin.
* Menggunakan bahan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik.



Cranberry dan Kesehatan Saluran Kemih

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Uricran pada Desember setahun silam sebagian besar penderita ISK menyadari dan merasakan tidak nyaman, sebab mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun  mereka yang terkena ISK ini masih memiliki kesadaran yang rendah untuk melakukan pencegahan maupun perawatan. Lebih detailnya kawans bisa buka dan dilihat di website Uricran ya.


Mengapa Cranberry?

Cranberry atau 'vaccinium oxycoccos' telah lama diteliti dan digunakan di dunia, dan terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan PROANTICYANIDIN (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.
Cara kerja cranberry adalah dengan mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih (teflon effect).

Cranberry dipilih sebagai alternatif antibiotik profilaksis, yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi E-Coli pada saluran kemih sebesar 36% , serta menurunkan 58% angka kejadian ISK berulang.
Tantangannya adalah tumbuhan berry liar ini tidak mudah diperoleh di Indonesia. Mereka banyak tumbuh di Amerika bagian Utara dan Kanada. Jadi seandainya buah ini tersedia di akan jadi produk impor yang mahal. Apalagi rasanya yang cenderung asam harus diolah dulu menjadi jus yang lebih nyaman dikonsumsi kita.


Mengenal Prive Uricran

Kabar gembiranya, PT. Combiphar memangkas segala kegalauan yang sudah disebutkan diatas.  Mempersembahkan Prive Uricran suplemen makanan dengan varian rasa cranberry pertama di Indonesia. Ekstrak Cranberry yang jika kita minum setiap hari dapat mencegah anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih datang dan berulang.

Prive Uricran ini tersedia dalam dua varian, yaitu Uricran Capsule dan Uricran Plus. Komposisi Uricran Capsule adalah 250 mg Cranberry Extract, dosis 1-2 kapsul perhari, sedangkan komposisi Uricran Plus 375 mg Cranberry Extract, 60 mg Vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum, 0,1 mg Lactobacillus acidophillus, dosis 1-2 sachet perhari.



Kawans, mengkonsumsi Uricran dapat membentu mencegah anyang-anyangan ataupun ISK sehingga kita nggak perlu lagi konsumsi antibiotik. Sebab sebisa mungkin kita baiknya menghindari mengkonsumsi antibiotik. Cara kerja antiobiotik adalah dengan mematikan seluruh bakteri yang ada dalam tubuh kita, tidak melihat apakah bakteri itu baik atau kah jahat. Padahal bakteri baik masih kita butuhkan dalam tubuh kita. Lalu jika tidak diminum teratur, antibiotik akan menyebabkan resistensi dalam tubuh kita alias kebal hingga menyebabkan kita harus menambah dosisi lebih tinggi di kemudian hari. Oleh karena itu ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi. Pun antibiotik tidak dapat mencegah anyang-anyangan datang lagi kok.

Nah, kawans sudah nggak ragu lagi untuk bisa mengkonsumsi Prive Uricran ini secara rutin. Sebuah solusi alternatif yang melegakan, menghempaskan kegalauan hati jika satu saat ISK datang menghampiri.

Oh iya, lagi ada kuis berhadiah tiket ke acara puncak UriCrevent, lho! Yuk, cek di account Instagram @uricran.id! 5 orang yang beruntung akan dapat tiket ke acara final UriCrevent di Jakarta.

Jangan lupa ya, Ladies! Caranya simple banget, cukup cek kuisnya di Instagram @uricran.id dan jawab pertanyaannya dikolom komentar. Jangan lupa pakai #uricran dan #uricrevent ya!


Itu sekelumit cerita bahagia yang bisa aku bagi dari jajan ilmuku beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi kawans semua biar no galau...galau kalau tiba-tiba anyang-anyangan atau ISK atau Infeksi Saluran Kemih ini datang.
Salam dan semangat sehat untuk semua, kawans.

#uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #semarang

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum