Sparkling Butterfly : Pekan Ketujuh Jurnal Kupu-kupu

Selasa, 07 Juli 2020

Selamat Pagi!

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabbarakatuuh

Pekan ini adalah pekan ketujuh kupu-kupu cantik merayakan kemesraan tali kasih mentor dan mentee. Menari bersama berkeliling taman bunga dan saling berbagi manisnya putik sari.

Berbagi pengalaman, ilmu, membongkar rasa, saling merapat, menganyam cerita layaknya teman seperjalanan. Kawan yang siap sedia berbagi pelajaran hidup.

Sedari awal mentorship aku memang membuka diri hanya untuk berbagi pengalaman yang pernah dijalani selama berada di dunia konseling. Utamanya tentu tema yang aku kuasai yaitu Psikologi Pendidikan dan Remaja, sebab sungguh sejujurnya berat rasanya mengatakan diri ini sudah ahli. Masih jauh panggang dari api. Lebih nyaman bagiku untuk menggunakan kalimat lainnya.

Alhamdulillah mendapatkan kepercayaan dua mentee yang luar biasa. Naik turun hubungan kami jelas pasti ada terutama soal waktu kencan. Banyak sekali aral dalam menjalani program Mentorship. 

Selama perjalanan enam pekan rasanya memang berkejaran dengan waktu. Belum lagi ditambah dengan gawai yang memang kurang fit karena baterainya sudah aus hingga menggelembung akibat terlampau penuh dengan beban.

Minggu ini diminta untuk merayakan kebahagiaan hubungan kami selama mentoring. Surat cinta pun datang dari mentee dan mentorku. Saling menguatkan untuk lebih bersemangat menghadapi selangkah lagi program mentorship ini.

Surat cinta lebih dulu datang dari mentorku yang sabar dan telaten meladeni banyaknya pertanyaanku. Sebab terkadang masih kebingungan dengan kemiripan beberapa teori. Mau tahu isi surat cintanya? Yuk baca bersama-sama ya...

Kemajuan mentee Dian Eka
1. Mengerti aturan dan kesalahan dasar konseling
2. Memahami prinsip2 dasar REBT
3. Bsa membedakan REBT dan CBT
4. Aktif berdiskusi seputar konseling
5. Praktek sebagai klien dan mentor sebagai konselor

Sedangkan surat cinta dari kedua menteeku bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Bukan kelas bunda cekatan kalau tidak ada kejutan. Ternyata ada sesuatu yang makin unik di pekan ini yaitu kami harus menggambarkan suasana hati kami melalui pemilihan warna-warni yang diberikan pada sayap kupu-kupu kami. Sebuah tambahan tantangan pengalaman yang di luar kebiasaan, bukan?

Pertama sekali aku mencoba mewarnai dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Namun, kemudian entah kenapa tidak merasakan sensasinya yang lebih berkesan maka aku hentikan saja prosesnya. Lalu mencoba mengunduh gambar dasar baru untuk diwarnai. Tetapi sama saja terasa ada rasa yang kurang.


Akhirnya aku memutuskan untuk mengambil krayon yang lama terbengkalai di rak. Mulailah aku menggambar dengan piranti seadanya dan hasil gambar yang juga ala kadarnya. Namun, entah mengapa rasanya justru hati riang gembira dan puasnya malah tiada tara. 

Tara! Jadilah 'Sparkling Butterfly', seekor kupu-kupu berwarna majemuk alias pelangi. Berwana-warni dan seolah berkilauan terbang bebas merayakan kebahagiaannya. 

Ya! Itu suasana hati saya selama belajar bersama dalam mentorship ini, baik bersama mentor dan mentee. Rasanya menyenangkan sekali mendapatkan banyak ilmu, cerita dan asupan pengalaman dari sudut pandang yang berbeda.

Terima kasih mentor dan menteeku sudah bersedia berbagi bahagia untuk dibawa terbang bebas dibirunya angkasa raya. Merdeka!

#bundacekatanbatch1
#buncektahapkupu-kupu
#terimakasihmentor
#terimakasihmentee

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum