Berpikir Lateral : Pilih 7 Warna Topimu!

Selasa, 02 Februari 2021

Pekan ini materi yang diberikan berkaitan dengan konsep berpikir yang dirancang seorang psikolog bernama Edward de Bono. Melalui bukunya yang berjudul “Berpikir Lateral” pada tahun 1985 ia memperkenalkan konsep "Six Thinking Hat".

Menurut de Bono, kesulitan utama berpikir adalah kebingungan. Oleh karena itu ia memberikan premis bahwa otak manusia dapat berpikir dengan diberikan tantangan yang berbeda-beda. Dirancang secara terstruktur agar dapat berpikir dan mengidentifikasi dari arah yang berbeda.

Berpikir lateral dapat dipahami sebagai usaha berpikir yang berfokus mencapai solusi untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak pada umumnya. Sebuah upaya yang cenderung diabaikan oleh orang yang berpikiran logis.

Proses yang dikembangkan oleh de Bono memberikan ruang pikir kita mampu melihat ide dari berbagai sudut serta fokus yang lebih kaya. Kita diarahkan untuk membagi fokus pada 6 titik saja agar bisa membuat analisa permasalahan yang efisien dan menyeluruh.

Adapun terkait konsep berpikir lateral dan Projects Passion Co House Laras Hati pada Sabtu tanggal 23 Januari 2021 lepas menghelat wahana dari booth pendidikan dilanjutkan diskusi tim. Alhamdulillah hampir mayoritas anggota tim dapat hadir untuk ikut sesi sharing.


Sore hari itu kami bisa saling mengalirkan rasa terkait topi-topi yang akan kami gunakan untuk keberhasilan Hexacare Festival yang sudah dijalani separuh jalan.

Hasil detail sharing tim Laras Hati sebagai berikut :


Selama hampir satu setengah jam itu kami juga mendapatkan ide-ide baru terkait action plan team yang dirangkum seperti gambar di bawah ini :


Pekan ini action plan yang insya Allah ingin kami akan segera eksekusi adalah 'closing ceremony' self care untuk tim Laras Hati.


Terkait Action Plan dengan cluster dapat juga dilihat pada gambar di bawah ini :


Berharap semua member cluster dapat menjadi ambassador dari seluruh project passion co house yang ada. Saling melengkapi dan menyemarakkan acara-acara yang akan diselenggarakan.


Akhir kata dari jurnal pekan ini, semoga Allah mampukan dan mudahkan dengan segala kebaikan-kebaikan agar senantiasa niat untuk berdampak selalu diberkahi-Nya.

Aamiin

#HexagonCity
#Hexagonia
#ZonaG
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum