Jurnal Tahapan Telur-telur Bunda Cekatan #1

Selasa, 17 Desember 2019

Aha! Senangnya berkesempatan lagi untuk belajar di tahapan selanjutnya setelah kelas bunda sayang yang sudah lama purna. 


Masuk di kelas bunda cekatan sebenarnya agak tergopoh-gopoh mengikuti ritmenya. Banyak hal harus disesuaikan termasuk prioritas dan kandang waktunya.

Artinya juga selama beberapa tahapan akan banyak proses yang harus dilalui. Apa saja? Ini nih tahap permainannya :

Materi pertama di kelas bunda cekatan ini membuat sedikit melakukan kipas balik di NHW saat mengikuti kelas sebelumnya. Mulai dari mengenal diri sendiri dan tentu saja kebahagiaan diri ini sebagai manusia yang diciptakan luar biasa. Bukan hanya sekedar perempuan (biasa).

Nah, telur-telur kebahagiaan saya tampaknya belum bergeser dari tempatnya. Masih ada dikuadran yang sama, tidak ada lompatan yang luar biasa dari yang tidak suka menjadi suka atau sebaliknya. Jika ada pergerakan itu karena memang harus mendekat untuk belajar sedikit memahami aktivitas tersebut.
Inilah hasil telur-telur kebahagiaan saya yang terus dicari untuk ditetaskan :


Seperti yang sudah disampaikan di awal tadi bahwa sebetulnya sudah tidak banyak pergeseran passion. 

Penjelasan tentang kebahagiaan yang saya pilih untuk diletakkan pada telur-telur hijau, kurang lebih seperti ini :

1. Ideating

Artinya aktivitas seperti melontarkan gagasan dan ide-ide tentang berbagai hal seringkali muncul. Saya merasa bahagia karena seringkali dengan melihat fenomena atau sedang berada situasi tertentu tiba-tiba saja nanti menemukan ide-ide baru.

2. Visioning

Kegiatan mengantisipasi masa depan, berpikir sebelum melangkah, menimbang dari berbagai sisi merupakan kegiatan yang juga membuat saya bahagia. Pernah untuk tidak melakukannya, malah senewen sendiri he he he... Semacam ada rasa butuh untuk memikirkan rencana masa depan yang bijak, agar semua langkah bisa tepat sasaran. Tentu saja dengan seijin Allah Subhana Wa Ta'alla.

3. Creating

Saya senang menggunakan imajinasi saya untuk menemukan suatu rancangan atau layanan baru buat orang lain. Termasuk saat menulis, atau mengajar saya selalu melibatkan imajinasi saya. Bahkan meski memasak adalah hal yang 'saya bisa dan suka' di level paling rendah, saya juga kadang suka iseng eksperimen membuat menu masakan baru. 


4. Counseling

Memotivasi anak dan remaja adalah hal yang paling membahagiakan untuk saya. Terutama bagi mereka yang memang mengalami masalah dalam tahap perkembangannya itu. Mungkin teman-teman akan menemukan sesuatu yang lain dari diri saya ketika sedang berhadapan dengan mereka. Alih-alih bahagia saya lebih senang sebut ini kerinduan. Betul, kerinduan menjadi rumah untuk mereka yang membutuhkan "alamat pulang".

5. Guiding

Masih berhubungan dengan penjelasan sebelumnya passion saya yang membuat mata saya berbinar-binar adalah ketika memandu orang atau pihak lain agar dapat memilih atau menemukan jalan atau sasaran yang hendak ia tempuh. 

Begitu lah cerita saya sebagai orang dengan kecenderungan otak kiri yang memang memiliki  kecenderungan kebahagiaan dengan kekuatan dalam hal berpikir, menemukan gagasan atau ide-ide baru, lalu mengemukakannya pada orang lain untuk ditindaklanjuti (thinking and reasoning).


Celah kebahagiaan ini harusnya terus dicari untuk senantiasa disesuaikan terus menerus sepanjang hayat. Kenapa? Sebab, metamorfosis diri tidak boleh berhenti di salah satu destinasi saja. Namun, terus dilakukan berulang-ulang dengan memetamorfosiskan rasa yang sepenuhnya sadar akan kebahagiaannya.

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum