Jurnal Umpan Balik Materi Ketujuh : ApresiAksi Ibu Pembaharu

Selasa, 07 Desember 2021

Alhamdulillah di pekan ini mendapatkan buddy yang luar biasa gercep. Bahagianya tiba-tiba dicolek dan diingatkan untuk segera menuntaskan kewajiban buddy review, sebelum Konferensi Ibu Pembaharu dilaksanakan.

Setelah mencoba membaca dan memahami jurnal mbak Andriyani yang berasal dari Ibu Profesional Depok. Ditambah dengan bermain ke sosial media timnya yaitu Syakilla Tim. Akhirnya bismillahirrahmanirrahim dengan segala keterbatasan saya mencoba untuk berani memberikan sedikit ulasan, sebagai berikut :

1. Analisa Dampak apakah cukup kuat untuk menggerakkan Aksi untuk jadi bagian dari Solusi? Mengapa?

✅Sependek pemahaman saya saat membaca apa yang tertulis di jurnal. Analisa dampak sosial untuk AKSI tim masih dapat dikuatkan lagi. Lebih fokus pada tindakan spesifik tertentu yaitu untuk membantu "Find My Why" para ibu.

✅Tertulis pada jurnal, analisa dampak penting untuk melihat dan mengukur seberapa besar impact yang dihasilkan dari aksi (pilot project) yang sudah dilakukan. Jangkauan langsung kepada follower sedangkan tidak langsung non follower. Jangkauan perubahan seperti apakah yang dimaksud dan jadi target tim akan lebih mudah dilakukan jika dijelaskan rinciannya.


2. Theory of Change apakah prosesnya sudah dapat diterima dengan runtut?

✅Secara komposisi sudah cukup runtut dan akan menjadi luar biasa lagi jika dapat dikembangkan dan dikerucutkan lagi agar semakin fokus pada Impact yang jauh lebih dalam.


3. The Logic Model setelah dilakukan pengecekan ulang pola. Apakah bisa terus bergerak ke ara impact tahapan logikanya?


✅Menurut saya melihat polanya masih bisa lebih dispesifikkan. Misal konten baik yang dimaksud bentuknya berupa apa? Atau seperti apa yang dapat membantu ibu untuk bisa memahami peranan, menerima tantangan dan juga tetap mengembangkan potensinya. 


✅Tahapan logika yang disusun sependek pemahaman saya, tetap dapat bergerak ke arah impact, hanya saja akan lebih besar lagi dampaknya jika ke depan dalam melakukan AKSI (menyusun kurikulum; pilot project). Tim juga didukung oleh desainer profesional dan content planner media sosial yang mumpuni, handal, mampu bertanggungjawab dari isi hingga desain yang menarik minat netizen secara umum. Atau menunjuk member yang menguasai untuk membuat strategi di media sosialnya, agar dapat terus berkembang dan berkelanjutan dampaknya.

4. Perbandingan antara Tabel Risk Management dan Tabel Stop, Continue, Start apakah struktur berpikir pengambil keputusannya sudah benar?

✅Tabel Stop Continue and Start akan semakin baik jika dimulai dengan menulis langkah nyata tindakan atau program yang sudah dilakukan sejauh ini. Misal untuk program 'Ngemil Bareng' , continue, dua mingguan. Jadi langkah berikutnya terkait pencapaian tujuan AKSI/ dapat segera dibenahi, direalisasi dan lebih berdampak.

Itulah ulasan untuk jurnal umpan balik apresiAksi untuk buddy saya. Mudah-mudahan berkenan dan mohon maaf lahir batin jika ada kekeliruan pemahaman. Semoga di sisa usia kita selalu dimudahkan terus bergerak menebarkan kebaikan dan manfaat pada setiap kesempatan.

Aamin.


#sistemumpanbalikmateri7
#apresiaksi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum