Jurnal Materi Tujuh Kampus Ibu Pembaharu : Analisa Dampak Sosial untuk ApresiAKSI

Selasa, 30 November 2021


Makin seru saja materinya nih mendekati akhir tahun. Bukan karena tenggat realisasi proyek segera berakhir, tetapi karena memang tim harus mulai makin mengkalkulasi aksi yang telah dijalankan. Apakah mengerucut pada hasil dan dampak yang diharapkan atau masih banyak yang harus dibenahi?

Butuh waktu yang lumayan panjang untuk berdiskusi tentang materi ketujuh ini. Selain banyak aktivitas dan timeline lain yang juga harus diprioritaskan. Materi apresiAksi banyak poin yang perlu dikaji bersama dengan hati-hati.

Sembari mempersiapkan Webinar Series yang tim agendakan di awal bulan November. Kami sepakat akan membagi tugas untuk mengerjakannya. Alhamdulillah setelah webinar terlaksana, di hari Jumat sore, minggu berikutnya saat pertemuan daring rutin. Kami mulai berbagi peran dibantu dengan aplikasi Random Picker agar lebih adil dan cepat dalam penentuan.

Setelah dibagi sore itu, malamnya sambil terus berkoordinasi di WhatsApp Grup Ruang Bicara. Kami berusaha menuntaskan apa saja yang jadi tanggung jawabnya. Saling memberikan masukan dan koreksi.

ANALISA DAMPAK SOSIAL

Social Impact

Merupakan pengaruh aksi tim terhadap manusia dan lingkungan tempat aksi tim dilaksanakan. Dampak sosial mengacu pada hasil positif dari aksi tim, yang menghasilkan kesejahteraan yang semakin baik, akses ke hak asasi manusia dan manfaat lainnya bagi orang-orang yang terkena dampak langsung dan tidak langsung.

Pentingnya Analisa Dampak Sosial

Alasan mengapa penting bagi tim untuk menganalisa dampak sosial bagi aksi yang sudah dilakukan adalah :

1. Perlunya mempertimbangkan dampak langsung dan tidak langsung.
2. Ruang untuk memperbaiki aksi.
3. Sudut pandang penerima manfaat.

Menurut Tim Ruang Bicara Analisa Dampak Sosial kami sebagai berikut :



THEORY OF CHANGE

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan theory of change yanh yang meliputi input, activities, output, outcome, dan impact 

Input

Materi, informasi, dan pengetahuan yang Anda dam tim Anda butuhkan untuk dapat melakukan AKSI, biasanya berupa kata benda.

Activities

Tugas yang akan dilakukan selama melaksanakan AKSI/PROYEK. Lebih baik diungkapkan dengan kata kerja dalam bentuk dasarnya (misal melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat

Output
Dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh AKSI/PROYEK.

Lebih baik diungkapkan melalui kata kerja dalam bentuk lampau (misal telah terlatih, telah diproduksi, diajari

Outcome
Efek jangka pendek dari output. Lebih baik diungkapkan melalui kata-kata yang menggambarkan perilaku yang dirasakan (meningkat, menurun, ditingkatkan dll)

Impact
Efek jangka panjang yang disebabkan oleh hasil. Biasanya diungkapkan menggunakan kata kerja "berkontribusi". Karena perubahan jarang disebabkan hanya oleh satu faktor saja. Fokus pada dampak berkelanjutan.

Berikut ini adalah Theory of Change kami :


THE LOGIC MODEL

Berbekal theory of change yang telah dibuat sebelumnya, maka kami dapat membedahnya agar menjadi lebih rinci lagi. Hasilnya bisa dilihat pada tabel berikut ini :


RISK MANAGEMENT

Seiring dengan telah terealisasinya kegiatan, maka tim diharapkan sudah memahami resiko-resiko yang akan terjadi. Sehingga untuk proyek kegiatan berikutnya dapat diantisipasi ataupun sebaliknya bahkan dieliminasi.

1. Accept merupakan saat tim menerima kemungkinan resiko yang terjadi. Biasanya dipilih karena dampak resikonya lebih rendah dibandingkan lainnya.

2. Mitigate. Tim mengurangi kemungkinan dan/atau dampak dari resiko yang terjadi. Mitigate fipilih jika dipandang resikonya sedang.

3. Transfer, artinya kita mengalihkan tanggung jawab resiko kepada pihak lain. Tindakan ini dipilih jika faktor potensialnya berdampak tinggi dan mahal

4. Avoid, pilihan untuk menghilangkan penyebab resikonya agar tidak terjadi. Dipilih jika memang dampaknya tinggi dan tidak dapat dibiarkan terjadi.

Hasil analisa risk management menurut Tim Ruang Bicara sebagai berikut :

Nah, last but not least dari semua yang telah disampaikan di atas maka tim Ruang Bicara bersepakat terkait apa yang harus dilanjutkan, dihentikan dan/atau membuat alternatif kegiatan baru yang diharapkan lebih sesuai, bermanfaat serta berdampak.

Demikian jurnal materi ketujuh ini kami susun sepenuh hati. Besar harapan kami_dengan segala keterbatasannya_, semoga proyek ini dapat terus berkelanjutan. Amin.

#apresiaksi 
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

1 komentar

  1. What makes the American roulette wheel completely different from the European model is the fact that|the truth that} it has an extra double slot, which is 메리트카지노 located at the opposite side from the one zero slot. Some bets are particular to the European or French roulette, and are normally placed by the croupier following the orders of the player. The supplier normally shouts out these bets before putting them for the CCTV and to avoid any confusion.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum