Geliat Si Ulil, Cemas sekaligus Gemas #2

by - Selasa, Januari 28, 2020

Tiap minggu ada saja surprise di kelas bunda cekatan ini. Ya, namanya juga Ibu Profesional yang sudah naik kelas harus ada proses berkemajuan kan ya?

Minggu ini kami dihimbau untuk berbagi cemilan kembali. Saling bertukar ilmu menjadi guru dan murid lagi. Bedanya kali ini tidak hanya menggunakan tulisan sebagai lampiran pendamping jurnal. Namun, berupa video ataupun audio dengan tentu saja infografis sederhana untuk membantu teman-teman memahami jajanan ilmu yang dibagikan tersebut. Memang harusnya nggak boleh berpuas diri kalau menuntut ilmu.

Nah, minggu ini sesuai apa yang aku kuasai dan juga hasil "ngobras" sama teman-teman tercinta akhirnua aku putuskan ambil tema 'Tips Ngobrol Asyik dengan Remaja ala Ibun Dee'. Sesuatu yang memang selama ini lekat denganku. Passion yang nggak mungkin rasanya aku berjauhan dengan dunia tersebut.


Video bisa disimak disini ya kawans Dee, mohon dimaklumi masih newbie dalam dunia per-video-an. Banyak yang harus diperbaiki jadi komentar berupa, saran dan nasihat membangun sangat aku tunggu. Ini saja modal nekat tapi kalau tak bertekad eh malah terlambat belakangan jadinya 'sambat' (baca : ngomel-ngomel).

Pastinya sebelum berbagi cemilan, aku butuh amunisi dong. Jadi cemilan yang disebar di belantara ilmu itu aku masukkan ransel sesuai minat dan kebutuhanku. Minggu ini ada tiga cemilan yang aku lahap sebagai bekal perjalanan menuntut ilmu yang lebih kaya.


Pertama tentang Inner Child yang dibagi oleh Mbak Putri Handayani Munaf. Melalui cemilan ini, makin paham bahwa jika empat tahapan penting dalam kehidupan anak-anak tercerabut. Maka akan terjadi "lubang" atau luka yang akan menjadi masalah saat dewasa nanti. Empat aspek kebutuhan itu adalah kebutuhan fisik, emosional (afeksi), eksplorasi dan spiritual. Keempatnya harus berkembang dengan baik agar anak tumbuh dengan semestinya.

2. Potluck tentang Grafologi yang dibagikan mbak Rizka. Masih dikeranjang Potluck Psikologi karena mungkin memang arah minat kesana. Melalui cemilan ini saya dapat mengetahui bahwa ada beberapa manfaat grafologi yaitu sebagai identifikasi, mengingat, berkomunikasi, ekspresi dan juga melatih motorik halus yang akan berpengaruh bagi saraf-saraf otak. Grafologi bisa digunakan dalam parenting sebagai bahan tambahan observasi tumbuh kembang anak.

3. Cemilan ketiga tentang menyetrika dengan bahagia. Senyum-senyum sendiri waktu milih ini karena memang tergoda dengan judulnya. Jujur nih pekerjaan rumah yang paling nggak aku suka ya menyetrika. Rasanya duh...bagaikan terpenjara oleh waktu. Bosan! Alhasil seringnya memang langsung dioper ke pihak ketiga sih! Tapi kalau pas tiba musim "berhemat" duh pusiiing... Melalui video ini, mbak Atika Fara Amalia memberikan tips untuk memisahkan pakaian sesuai dengan jenis dan pemiliknya sebelum memulai menyalakan setrika. Artinya punya ayah disendirikan, ibu dan anak juga begitu. Lalu, dipilah lagi sesuai dengan jenis kain dam tebal tipisnya. Baru setelah dibuat pos tertentu seperti itu, kita bisa memulai aktivitas setrikanya. Berharap semoga benar-benar bisa bahagia menyetrika nih he he he

Oke kawans sampai jumpa di petualanganku berikutnya ya...

#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum