Gerbang Kesuksesan

by - Minggu, Oktober 28, 2018

Responsibility is root of discipline!

Tanggung jawab adalah akar atau sumber dari perilaku disiplin. Yep! Aku masukkan pemahamanku tentang disiplin ini sebagai perilaku. Terus apa dong pengertian perilaku itu? Perilaku adalah sebuah reaksi, aksi, tanggapan terhadap stimulus atau rangsangan yang didapat seseorang dari lingkungan sekitarnya.

Disiplin = Kebiasaan + Tanggung Jawab

Begitu lah kira-kira kunci perilaku disiplin ini, awalnya hanya masalah kebiasaan. Kebiasaan yang meletakkan dan mengatur segala sesuatu pada jalurnya. Pembiasaan ini  mutlak perlu dilakukan  dengan penuh kesadaran akan tanggung jawabnya. Masalahnya darimana asal kesadaran itu? Apakah ia datang muncul tiba-tiba begitu yang datang tak diundang pulang tak diantar?....aiiih kok jadi seraaam ya...:). Oke baiklah tenang nggak seseram itu kok. Kesadaran itu muncul karena seseorang sudah memahami apa yang sedang ia jalani, apa yang ingin diraih, apa yang menjadi hilir tujuannya dan memahami pentingnya menghargainya konsep waktu. Betul, disiplin juga berbanding lurus dengan cara seseorang menghargai waktu. Waktu yang tak akan pernah bisa kau minta kembali jika telah pergi.


Kita harus pahami kesuksesan seperti apa yang ingin dicapai. Ketika sudah secara sadar memahami apa yang jadi tujuan maka selanjutnya dengan rasa tanggung jawab itu seseorang akan terus dapat melakukan kebiasaan yang akan membantunya meraih kesuksesannya. Meski kini masih berupa impian perlahan akan menjadi kenyataan.
Aku pun begitulah kira-kira, saat ini jujur aku belum mampu mendisplinkan diri. Masih banyak lubang menganga karena alpa. Semata-mata karena kadang aku merasa masih berada di area abu-abu tujuanku. Maju mundur memikirkan kembali warna asli misi yang ada dalam nurani. Ada semacam rasa takut dalam diriku jika ada sesuatu hal yang justru malah mengaburkan niat awalku.
Namun aku tak menyerah atau berhenti untuk terus menyusun konsep kesuksesan yang ingin aku capai. Sebagai pribadi, sebagai penulis, sebagai praktisi dan konselor yang peduli dan mendampingi anak-anak serta remaja, apapun label predikat yang ingin aku capai sekuat tenaga aku harus tahu dulu dasar tujuannya. Sambil tak lupa kunyalakan tombol  katalisator dalam diri ini agar nurani tak kehilangan kendali. Kupanggil kesadaranku agar mampu mengamalkan perilaku disiplin itu. Demi Waktu!

#WanitadanPena
#Day07
#RumbelLiterasiMedia
#IbuProfesionalSemarang

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum