ASUS VivoBook Ultra A412 : Laptop Tipis, Modis untuk Jiwa yang Dinamis

by - Minggu, Oktober 06, 2019



Datang ke acara Blogger Gathering Asus 2019, yang dilaksanakan di Hotel Aston pada tanggal 28 September 2019 lalu adalah sebuah pengalaman berharga. Pasalnya, ini merupakan event teknologi pertama yang aku datangi dengan predikat blogger. Antusias? Pasti. Meski, jujur masih belum tahu nanti mau apa ya? Mamak cenderung gaptek macam aku ini. Sebersit rasa minder pasti datang menghampiri, melihat banyak teman-teman yang memang sudah tak diragukan lagi sepak terjangnya di dunia per-blogger-an khususnya di kota Semarang. Selanjutnya, tentu saja suasana tetap makin asyik. Dibawakan dengan renyah oleh tim Asus siang itu. Ada mbak Marisa, Mas Firman, Mas Riandanu, dan Mbak Caroline.


Pembukaan dan Acara bagi-bagi GIFT (Sayang, aku nggak hoki selalu kurang gercep)


Acara dibuka dengan sederhana dan hangat oleh Mbak Marisa, tentu saja setelah registrasi dan coffe break. Kami masuk ke ruangan untuk mendengar pemaparan dari tim ASUS. Mas Muhammad Firman selaku Head of PR Asus Indonesia.Beliau sedikit bercerita tentang perjalanan sejarah ASUS selama kurun waktu 30 tahun berkarya dibidang teknologi.

Sejarah dari masa ke masa yang disampaikan oleh Mas Firman


Berkenalan dengan ASUS

ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Karyawannya tentu saja tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D. ASUS memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya. Kalau aku bilang memang ASUS inovasinya tak bisa terbantahkan, paling produktif dan kompetitif.

Hadir dengan brand spirit “In Search of Incredible”, ASUS berhasil memperoleh berbagai penghargaan sepanjang tahun 2018 termasuk Forbes’ Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters’ Top 100 Global Tech Leaders, dan Fortune’s World’s Most Admired Companies.

ASUS selama ini telah memgelurkan banyak seri, yang terakhir kita semoat digegerkan dengan spesifikasi untuk para gamer. Ada ROG dan TUF. Lalu, ada seri Zenbook khusus untuk para pelaku diindustri kreatif seperti content creator. Seri ASUSpro yang dikhususkan untuk para pebisnis, hingga laptop multimedia seri Vivobook yang bermain dikelas mainstream atau daily use. Seperti yang akan aku ceritakan nanti alih-alih membahas ya? Kayak yang ahli saja...

ASUS Vivobook Ultra A412


VivoBook Ultra A412 juga menyandang gelar sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia. Gelar tersebut mampu diraih berkat dimensi bodi yang diusungnya yaitu dengan panjang 32cm dan lebar 21cm sehingga sekilas terlihat seperti ultrabook yang mengusung layer 13 inci. Ditambah lagi, empat varian warna unik membuat laptop ini tampil berbeda dari yang lain. “Sesuai dengan namanya, VivoBook Ultra A412 hadir dengan bodi yang lebih ringkas namun tetap mengedepankan performa,” ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia.

Sasaran laptop ASUS A412 ini sebenarnya adalah untuk anak muda, yang stylish, modis dan juga dinamis. Maka bentuk body laptop ini tampak tipis dan ramping. Ultrabook ini hadir dengan empat pilihan warna unik, yaitu coral crush, peacock blue, state gery dan transparent silver. Warna-warna yang tidak biasa ini membuatnya tampil lebih nge-jreng dan nampak beda dari ultrabook lainnya.

Empat Pilihan Warna ASUS A412

NanoEdge Display dan Ergolift Design

VivoBook Ultra A412 bukan sembarang ultrabook. Ia telah dilengkapi dengan beragam fitur premium seperti NanoEdge Display, yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Berkat bezel yang tipis, dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen.


Memang sih ASUS Vivobook Ultra A412 ini bukan laptop yang paling tipis dan teringan dikelasnya, namun dimensinya yang tergolong ciamik dan ringkas. Buat aku tergoda memilikinya. Bukan tanpa alasan, ini karena aku dan suami yang sama-sama menekuni dunia tulis menulis sangat doyan plesiran. Jadi inginnya rutinitas dan impian terus berkembang. Aku sebagai penulis dan ia sebagai jurnalis, keduanya jangan sampai mengganggu hobi travelling kami itu, karena laptopnya bisa digendong kemana-mana.Cocok kan ya? Doanya sih lebih buat suami sih, karena dia lebih sering dapat tugas kerja "rasa jalan-jalan". Ya kerja, tapi ya siap langsung kirim berita dimana saja. Apalagi laptop jadul kesayangan cuma ada satu, kadang sering rebutan kalau jatah deadline-nya datang bersamaan. So, please doakan kami berjodoh dengan laptop ganteng, aduhai ini ya, say

Laptop paling setia menyimpan banyak cerita
Ergolift Design

Fitur premium lainnya adalah ErgoLift Design, yaitu mekanisme khusus yang membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412 terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Berkat ErgoLift Design, posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412 digunakan menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan.

Ergolift Design, ini yang membuat body utama atau bagian yang ada keyboardnya itu jadi terangkat. Membentuk sudut dua derajat. Posisi keyboard yang memiliki kemiringanm sedemikian rupa inilah yang membuat kita jadi nyaman saat mengetik. Dibandingkan dengan posisi datar, sudah pernah merasakannya kan? Selesai ketikan baru beberapa lembar leher sudah kaku.

ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Saat ultrabook ini digunakan, bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal.


Layar dan Keyboard

ASUS VivoBook Ultra A412 juga telah dilengkapi dengan fitur modern seperti pembaca sidik jari atau fingerprint yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Integrasi tersebut memungkinkan pengguna untuk login dan masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mengetikkan password. Selain mempermudah, fitur ini juga membuat VivoBook Ultra A412 menjadi lebih aman.

Window Hello
Windows hello adalah fitur yang memungkinkan user login ke windows hanya dengan menggunakan deteksi wajah dan jari. Fitur baru windows 10 ini diyakini lebih mengoptimalkan keamanan pada device yang ter-install windows 10. Windows hello bekerja dengan cara memindai wajah, iris mata dan sidik jari untuk bisa membuka device (PC/tablet/laptop). Menggantikan fungsi penggunaan PIN atau password yang rawan keamanannya untuk dibajak.

Meski saat ini kita menggunakan windows 10, tapi bisa jadi device yang saat ini digunakan belum support fitur windows hello. Karena saat  untuk dapat menggunakan fitur ini harus menggunakan perangkat hardware tambahan seperti kamera infrared dan Intel RealSense 3d. Infrared sendiri berfungsi sebagai pemindai wajah dan Kamera Intel RealSense 3D digunakan untuk mendeteksi wajah atau iris. Sehingga jika memang kita ingin mengaktifkan fitur ini ya setidaknya harus siap memiliki dua alat tersebut terlebih dahulu.

Performa 

VivoBook Ultra A412 hadir dengan kombinasi hardware terkini yang menghasilkan performa powerful dalam sebuah ultrabook ringkas. Ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-8, VivoBook Ultra A412 merupakan salah satu ultrabook mungil yang paling gesit yang ada saat ini. Varian tertingginya yang menggunakan Intel Core i7-8565U mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread.





Selain hemat daya, kemampuan garfis laptop ini cukup baik apalagi untuk yang hibi video editing. Kece deh untuk grafisnya, beberapa varian VivoBook Ultra A412 ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM sebesar 2GB yang cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti menikmati konten hiburan hingga menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa grafis. Ditemani oleh RAM DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 SSD, VivoBook Ultra A412 mampu tampil lebih kencang.

Penyimpanan berbasis SSD 512 GB dan RAM sebesar 8 GB berjenis DDR4 yang terdiri dari memori on board sebesar 4 GB dan memori tambahan sebesar 4GB. Menambah kencangnya performa. Apalagi masih bisa di-upgrade lagi hingga 12 GB dengan estimasi 4+8GB, hingga menambah ideal kemampuannya untuk diajak multitasking.


Sebagai ultrabook ringkas yang mengedepankan mobilitas, VivoBook Ultra A412 juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2x2) membuat ultrabook ini tetap dapat terkoneksi dengan internet. Sementara Bluetooth 4.2 membuat berbagai aksesoris nirkabel dapat terhubung secara leluasa.



Tidak hanya powerful secara performa, VivoBook Ultra A412 juga powerful dalam hal konektivitas. Meskin memiliki bodi yang sangat ringkas, VivoBook Ultra A412 masih hadir dengan beragam port, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Semua itu tampil agar penggunanya dapat mengkoneksikan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan.



Sebagai manusia yang tergolong awam dengan cepatnya perkembangan teknologi, semua penjelasan pakar dan pengalaman memegang ASUS Vivobook A412 saat itu. Sedikit membuka wawasanku dan yakin jika tipe jenis ini sangat ideal untuk bisa jadi diajak "berlari" mengejar mimpi. Impian untuk tetap produktif, bermanfaat dan menebarkan inspirasi. Semoga, kita berjodoh ya?! AAMIIN...


You May Also Like

20 komentar

  1. ASUS memang da best yaaa sis.. semoga tercapai Punya lappy baru yaa..

    BalasHapus
  2. Sasarannya anak muda yang dinamis, yaaaa...

    Aku jadi minder, hehe..

    Aku fokus ke paragraf awal, jadi ngebayangin bahagianya hadir di acara tersebut.

    Auto flashback, sebelum punya anak, ngebolang, ngejar-ngejar seminar. Sekarang suliiiiit 🀣🀣🀣

    Seperti biasa, aku nyaman baca tulisannya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Bun...sesuatu banget...besok kalau disana ada event krucil2 diajak ajah hehee

      Hapus
  3. kapan ya aku bisa diundang ke acara-acara kayak gitu dengan status sebagai blogger ehehe ngimpi teros. daaan, tulisan ini berhasil bikin aku ngiler pengen punya laptop baru, asus jadi salah satu referensi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mendoakan yuk...biar dapat laptop, gadget baru biar bisa "terbang" bersama tulisan-tulisannya😊

      Hapus
  4. Waa jadi pengen kak, yang biru muda ada ga ya.

    BalasHapus
  5. Jadi ikut pengen punya laptop baru..Asus Ultra kyaknya keren..speknya mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, bodynya Compact ringkas tapi tetap powerful

      Hapus
  6. Hallo Asus koleksi masa lalu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren udah sampai koleksi hehe aku baru seleksi #eh

      Hapus
  7. Wah, review laptop nih... Nice kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali-kali coba keluar dari zona nyaman hehee

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum