Kehidupan : Catatan Pencarian Makna Para Pejuangnya

by - Senin, Oktober 14, 2019


Setiap orang mampu memaknai kehidupan, seiring dengan latar pengalaman hidup masing-masing. Beberapa orang ada yang mengartikan kehidupan adalah sebuah pertarungan dan pertaruhan.

Ada pula yang mengatakan bahwa kehidupan adalah panggung sandiwara, penuh dengan kefanaan dan fatamorgana. Kehidupan penuh dengan persimpangan dan pilihan. Kehidupan itu kejam, dan seterusnya banyak sekali tafsirannya.

Lalu apa kira-kira definisinya bagi saya?

Definisi kehidupan versi saya adalah serangkaian pilihan kisah-kisah kita dari skenario maha besar-Nya yang muaranya bertajuk takdir. Sekali lagi bisa jadi kita berbeda menafsirkan arti kehidupan. Tak harus sama.

Rangkaian itu berisikan impian, cita-cita, dan harapan. Kehidupan tidak melulu tentang diri kita, namun keseluruhan semesta alam raya. 

Sebab manusia bukan lah pemilik hak tunggal kehidupan, masih ada makhluk lain ciptaan-Nya yang bahkan kehidupannya digantungkan pada kearifan kita mengelolanya.

Itulah mengapa menjalani proses kehidupan tetap perlu strategi bijaksana untuk memandang arah dan tujuan besar yang dititipkan-Nya. Apa yang saling terkait memberikan makna pada hidup kita.


Kita perlu peka, tak boleh hanya melihat diri kita saja. Sebab itu, terkadang kita memang perlu berlari. Namun, sesekali kita hanya perlu sedikit berjalan lambat atau malah memutuskan harus berjalan cepat.

Di lain waktu, sesaat kita pun perlu berhenti dan hanya melihat saja apa yang terjadi. Olah rasa, olah jiwa dan juga olahraga.

Lalu, bolehkah aku tahu apa makna kehidupan bagimu?

You May Also Like

6 komentar

  1. Makna kehidupan bagiku adalah mencoba hal baru. Kita tidak pernah tahu masa saatnya berhenti, untuk itu mencoba mengenali hal-hal baru adalah makna bagi hidupku

    BalasHapus
  2. Olah rasa, olah jiwa, olahraga ;) bagus niii

    BalasHapus
  3. makna hidup menurutku? aduh pertanyaannya terlalu susah

    BalasHapus
  4. Kehidupan adalah serangkaian peristiwa yang titik puncaknya adalah ketika kita bahagia dgn apa yg kita miliki serta tidak terus menyiksa diri dgn anggapan-anggapan buruk.

    BalasHapus
  5. Kehidupan bagiku seperti berjalan diatas jembatan menyebrangi 2 alam, dunia dan akhirat (surga) jika kita tidak mampu berjalan dijalan yg lurus maka kita akan terjatuh kedalam jurang kegelapan (neraka)

    BalasHapus
  6. Makna kehidupan?
    Intinya hidup ini terlalu murah jika hanya sekedar makan dan minum

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Tiada kesan tanpa kata dan saran darimu :)



Salam kenal,


Dee.Irum